MANFAAT BK APA SIH ?

siswa NONAME : "BK disekolah, cuma buat MENSKORS aja, ngasih point, dan cuma buat anak yang bermasalah doank !" siswa NONAME : "BK disekolah saya, sangat membantu untuk meningkatkan pengetahuan serta potensi siswa, misalnya, membantu untuk menginformasikan universitas sesuai dengan potensi"

BK MENURUT GURU BK

Bimbingan Konseling merupakan sarana siswa untuk berkonsultasi mengenai permasalahannya, dan guru bisa mengarahkan sehingga untuk kedepannya siswa bisa mengatasi permasalahan secara mandiri, serta membantu siswa menggali potensi yang dimilikinya.

GIMANA BK BEKERJA ?

Perlu adanya komunikasi antara konselor / guru BK kepada siswa/konseli secara mendalam, karena dalam pengadaan Konseling, guru dan murid harus bekerja sama untuk pengentasan permasalahan.


Selasa, 07 Juni 2011

PERKEMBANGAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

Layanan BK di industri Indonesia telah mulai dibicarakan sejak tahun 1962. ditandai dengan adanya perubahan sistem pendidikan di SMA yakni dengan adanya program penjurusan, program penjurusan merupakan respon akan kebutuhan untuk menyalurkan siswa kejurusan yang tepat bagi dirinya secara perorangan. Puncak dari usaha ini didirikan jurusan Bimbingan dan penyuluhan di Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Negeri, salah satu yang membuka jurusan tersebut adalah IKIP Bandung (sekrang berganti nama Universitas Pendidikan Indonesia).

Dengan adanya gagasan sekolah pembangunan pada tahun 1970/1971, peranan bimbingan kembali mendapat perhatian. Gagasan sekolah pembangunan ini dituangkan dalam program sekolah menengah pembangunan persiapan, yang berupa proyek percobaan dan peralihan dari sistem persekolahan Cuma menjadi sekolah pembangunan.

Sistem sekolah pembangunan tersebut dilaksanakan melalui proyek pembaharuan pendidikan yang dinamai PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan) yang diujicobakan di 8 IKIP. Badan pengembangan pendidikan berhasil menyusun 2 naskah penting yakni dengan pola dasar rencana-rencana pembangunan program Bimbingan dan penyuluhan melalui proyek-proyek perintis sekolah pembangunan dan pedoman operasional pelayanan bimbingan pada PPSP.Secara resmi BK di programkan disekolah sejak diberlakukan kurikulum 1975, tahun 1975 berdiri ikatan petugas bimbingan Indonesia (IPBI) di Malang.

Penyempurnaan kurikulum 1975 ke kurikulum 1984 dengan memasukkan bimbingan karir di dalamnya. Selanjutnya UU No. 0/1989 tentang Sisdiknas membuat mantap posisi bimbingan dan konseling yang kian diperkuat dengan PP No. 20 Bab X Pasal 25/1990 dan PP No. 29 Bab X Pal 27/1990 yang menyatakan bahwa “Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.

Perkembangan BK di Indonesia semakin mantap dengan berubahnya 1 PBI menjadi ABKIN (Asuransi Bimbingan dan Konseling Indonesia) tapa tahun 2001.

0 komentar:

Poskan Komentar